Senin, 05 Desember 2011

Harapan market dari Pertemuan Dewan ECB dan Uni eropa

Semua mata tertuju pada pertemuan Dewan ECB Kamis depan dan pertemuan kepala negara Uni Eropa dan pemerintah yang dimulai pada Kamis malam-ning. Mengingat eskalasi situasi di fi-nancial pasar dan perlambatan yang signifikan kegiatan ekonomi di zona euro, pasar adalah - sekali lagi - berharap bahwa pembuat kebijakan akan muncul dengan solusi yang komprehensif. Setidaknya ada tanda-tanda bahwa pemerintah dan kepala bank sentral tidak datang dengan tangan kosong.

Perubahan suasana hati mulai dirasakan Rabu lalu ketika diumumkan bahwa bank-bank sentral utama - ECB, Fed, BoJ, BoE dan SNB - mengambil tindakan terkoordinasi untuk menyediakan likuiditas dalam mata uang asing; pada saat yang sama, kondisi di mana bank memperoleh dolar AS - perjanjian swap yang saat ini digunakan- ditingkatkan. Premi indeks swap (OIS) yang digunakan oleh ECB untuk transaksi mingguan dan 3-bulan nya mata uang asing, berkurang 50 basis poin menjadi 50 basis poin.
  
Ukuran ini pada dasarnya tidaklah terlalu signifikan. Pinjaman mata uang asing ECB saat ini kurang dari $ 2 milyar - kecil jika dibandingkan dengan jangkauan operasi refinancing-nya Euro. Alasan utama untuk reaksi pasar 'yang sangat positif adalah kenyataan bahwa bank sentral akan untuk menyediakan pembiayaan mata uang asing di semua - dan untuk sebagian besar jika diperlukan. Langkah ini ditafsirkan sebagai sinyal bahwa bank sentral kini mengambil peran lebih aktif dalam mengatasi krisis utang zona euro. Dan pada faktanya perjanjian pertukaran dipandang sebagai bagian dari paket yang lebih luas dari langkah-langkah ECB.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar